Keuntungan dan Dampak di Era Digital Kecerdasan Buatan

Ya seperti kita ketahui Kecerdasan buatan (AI) adalah kecerdasan mesin atau robot dengan cabang ilmu komputer yang bertujuan untuk mengambil suatu keputusan atau melakukan suatu tindakan.

Image for post
Image for post
Kecerdasaan Buatan

Tujuan

Kecerdasan Buatan “Artificial Intelegence (AI)” sendri untuk banyak hal seperti untuk mengembangkan metode dan sistem untuk menyelesaikan masalah, masalah yang biasa diselesaikan melalui aktifivitas intelektual manusia, misalnya pengolahan citra, perencanaan, peramalan dan lain-lain, meningkatkan kinerja sistem informasi yang berbasis komputer.Teknologi inilah yang banyak orang ingin belajar membuat menggunakan dan bersaing.Bahkan oara raksasa seperti Facebook, Google, dan Apple berlomba-lomba mengaplikasikannya dalam berbagai aspek. Mulai dari mesin pencari, mobil pintar, hingga periklanan. Reuters melaporkan bahwa pada kuartal pertama 2017 saja, telah terjadi 34 akuisisi startup di bidang AI oleh perusahaan-perusahaan ini.

Intermezzo

Berikut adalah contoh AI buatan saya yang masih tahap belum dikatakan “sempurna”. saya menggunakan platform messenger dan webchat sendiri

Image for post
Image for post
Bot facebook messenger
Image for post
Image for post
Chatbot AI pendidikan
Image for post
Image for post

Kapan kita membutuhkan kecerdasan buatan?

Ketika kita,tidak bisa memprogram manual, serta saat kamu harus memecahkan masalah dalam skala besar.kita dapat menggunakan Machine Learning yang merupakan salah satu cabang dari disiplin ilmu Kecerdasan Buatan (Artificial Intellegence) yang membahas mengenai pembangunan sistem yang berdasarkan pada data.Mesin dengan banyak data tersebut akan belajar sendiri untuk menghasilkan solusi yang kamu butuhkan. Tapi pada praktiknya tidak sesederhana itu. Tergantung dari masalah yang dihadapi, machine learning bisa cocok atau tidak cocok untuk menyelesaikannya.

Natural Language Processing (NLP)

NLP mempelajari bagaimana bahasa alami itu diolah sedemikian hingga user dapat berkomunikasi dengan komputer. Konsentrasi ilmu ini adalah interaksi antara komputer dengan bahasa natural yang digunakan manusia, yakni bagaimana komputer melakukan ekstraksi informasi dari input yang berupa natural language dan atau menghasilkan output yang juga berupa natural language.

Robotika dan Sistem Navigasi

Bidang ilmu inilah yang mempelajari bagaimana merancang robot yang berguna bagi industry dan mampu membantu manusia, bahkan yang nantinya bisa menggantikan fungsi manusia. Robot mampu melakukan beberapa task dengan berinteraksi dengan lingkungan sekitar.

Computer Vision

Dibutuhkan didalamnya adalah metode-metode untuk memperoleh, melakukan proses, menganalisa dan memahami image. Apabila cabang ilmu ini dikombinasikan dengan Artificial Intelligence secara umum akan mampu menghasilkan sebuah visual intelligence system.Dan contohnya masih banyak lagi.

Image for post
Image for post

Sebagian besar ilmuan AI percaya bahwa pada tahun 2040 , robot akan lebih pintar dibanding manusia.Jika menurut kalian 14 tahun belum cukup cepat untuk membuktikan bahwa teknologi sedang berkembang pesat , maka tunggu saja pada tahun 2021 karena pada tahun 2021 akan ada ledakan teknologi baru yang tidak pernah kalian bayangkan sebelumnya , termasuk teknologi kecerdasan buatan .Namun menurut Ilmuan seperti Stephen Hawking dan Elon Musk percaya , bahwa jika AI terus dikembangkan dengan tujuan agar memiliki kecerdasan yang setara bahkan lebih dari yang dimiliki manusia , maka hal ini akan berdampak buruk bagi kelangsungan hidup manusai di muka bumi .

Stephen Hawking dan Elon Musk takut jika terjadi kesalahan pada sistem AI , hal ini bisa berbahaya dan bersifat merusak . Mereka berpendapat bahwa pengembangan sistem kecerdasan buatan harus diberi batasan-batasan tertentu , agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan .

Sedikit opini saya tentang dampak negatifnya AI didalam dunia bisnis

  1. Dengan mudah melakukan transaksi di Internet akan memfasilitasi juga menyebabkan transaksi yang dilarang sebagai selundupan transaksi atau transaksi narkoba.
  2. Hal ini sering terjadi adalah pembobolan sebuah lembaga atau rekening perorangan yang mengakibatkan kerugian finansial yang besar.

Mungkin hal-hal seperti yang ditakutkan oleh banyak orang.

Kesimpulan

Kecerdasan buatan merupakan ilmu komputer (computer science) yang khusus ditujukan untuk membuat perangkat lunak dan perangkat keras yang sepenuhnya bisa menirukan beberapa fungsi otak manusia. Atau cabang ilmu komputer yang mempelajari otomatisasi tingkah laku cerdas (intelligent).
Komputer dapat digunakan untuk mengumpulkan informasi tentang obyek, kegiatan (events), proses dan dapat memproses sejumlah besar informasi dengan lebih efisien dari yang dapat dikerjakan manusia.Namun jika kita menggunakan atau membuatnya perhatikan dulu Machine Learning dan pelajari NLP lebih dalam karna kalau tidak akan berdampak buruk bagi AI itu sendiri

Sekian Terima kasih :)

Written by

Manusia bukan supermen

Get the Medium app

A button that says 'Download on the App Store', and if clicked it will lead you to the iOS App store
A button that says 'Get it on, Google Play', and if clicked it will lead you to the Google Play store